Tips Menghitung Kebutuhan Led Display agar Sesuai

Pengukuran jarak pandang ideal led display yang tepat memang sangat penting. Untuk itu, diperlukan pengetahuan khusus mengenai cara mengukur jarak LED display.

Anda bisa mencari referensinya pada artikel ini. Namun, sebelum membahas cara mengukur jarak LED display, ada baiknya Anda mengetahui definisi dari perangkat ini.

Pengertian LED Display

led display pixel
jenis jenis led

Yang dimaksud dengan LED display adalah panel datar dengan diode yang bekerja memancarkan cahaya dalam bentuk tampilan video.

Panel LED display bisa Anda temukan dalam bentuk layar kecil atau bisa juga merupakan bagian dari layar yang berukuran lebih besar.

Untuk lebih jelasnya, papan LED tersusun dari beberapa LED dan layarnya terdiri dari beberapa panel LED.

Karena terbilang lebih mumpuni dari perangkat lain, tak mengherankan jika diode LED biasanya digunakan untuk membuat LED display sebagai papan iklan atau papan informasi di pertokoan.

Cara Mengukur Jarak LED Display – Videotron yang Ideal

Cara mengukur jarak LED display sebenarnya sederhana. Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan rumus di bawah ini.

Jarak ideal = jarak (dalam mm) : 3.000 mm

Sebagai contoh, apabila Anda ingin memenuhi kebutuhan videotron dengan jarak pandang 25 meter, cara mengukur jarak LED Display yang tepat adalah sebagai berikut.

  1. Konversikan jarak pandang ke dalam satuan milimeter. 25 m = 25.000 mm
  • Masukkan angka tersebut ke dalam rumus.

Jarak ideal = 25.000 mm : 3.000 mm = 8,33 

Hasil perhitungan di atas menunjukkan bahwa untuk jarak 25 meter, Anda idealnya menggunakan videotron dengan piksel 8.

Namun, menggunakan piksel di bawah 8 pun bukan masalah karena kontennya akan terlihat semakin bagus.

Karena Untuk Videotron, piksel semakin kecil semakin bagus P7 lebih bagus daripada P8, P7 lebih bagus daripada P6 begitu seterusnya.

Ada juga rumus yang digunakan untuk mengetahui nilai minimal penggunaan piksel yang ideal agar kualitas kontennya tetap baik, yaitu:

Jarak minimal = jarak (dalam mm) : 1.000 mm

Mari ambil contoh kasus yang sama. Untuk kebutuhan jarak pandang 25 meter (25.000 mm), berikut adalah nilai minimal piksel yang dibutuhkan.

Jarak minimal  = 25.000 mm : 1.000 mm = 25

Kesimpulannya, untuk jarak pandang 25 meter, minimal Anda memerlukan piksel 25. Apabila menggunakan piksel di atasnya, konten dalam videotron akan terlihat kurang bagus.

Jarak Minimal dari LED Display ke Audiens

cara mmengukur jarak pandang ideal
Jarak Pandang Ideal

Tak hanya cara mengukur jarak LED display, Anda juga perlu mengetahuicara menentukan jarak terdekat minimal, yaitu jarak pandang nyaman untuk mata manusia.

Cara menentukannya bisa dilakukan menggunakan rumus Phytagoras agar dapat menghasilkan hipotenusa.

Lantas, bagaimana cara menghitung hipotenusa? Caranya mudah, jarak dari hipotenusa adalah perbandingan persegi antara jarak panjang dan tinggi.

Rumusnya bisa ditulis sebagai berikut.

c2 = a2 + b2

a = panjang, b = tinggi, dan c = hipotenusa

Sebagai contoh, apabila Anda ingin membuat display dengan tinggi 12 meter dan jarak pandang terdekat dari display adalah 5 meter, perhitungannya adalah sebagai berikut.

 c² = 5² + 12² ⇒ c² = 25 + 144 ⇒ c² = 169 ⇒ c = √169 ⇒ 13 meter

Tips Menghitung Jarak Pandang LED Display sesuai Kebutuhan

Untuk mengoptimalkan kegunaan LED display, salah satu hal yang perlu Anda kuasai adalah cara meghitung jarak pandang ideal videotron atau LED Screen Display yang sesuai kebutuhan.

Anda perlu menentukan apakah videdotron akan diletakkan di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor) dan apakah menempel di tembok atau dengan konstruksi.

Karena videotron lebih umum ditemukan di luar ruangan, Anda perlu memahami tips menentukan jarak LED Screen Display – videotron untuk outdoor

Untuk penempatan outdoor, Anda perlu menentukan tempat yang tepat untuk meletakkan videotron.

Sebagai informasi, videotron yang sering Anda lihat di jalan raya merupakan gabungan dari beberapa kabinet yang memiliki ukuran berbeda-beda.

Kabinet tersebut tersusun dari beberapa modul, tetapi ukurannya tetap.

Contohnya pada videotron outdoor P10 atau P10.6. Kabinet dari videotron ini umumnya berukuran 960 x 960, 1280 x 1280, 1536 x 1024.

Akan tetapi, ukuran tersebut masih bisa berubah karena dipengaruhi oleh ukuran modul yang merujuk pada kebutuhan kapasitas receiving card.

Apabila telah melebihi kapasitas normal, satu kabinet bisa memerlukan dua receiving card.

Jika sudah mengetahui ukuran kabinet yang akan digunakan, Anda juga perlu mengetahui ukuran layar videotron dan besarnya resolusi total yang akan dihasilkan.

Ukuran yang sering digunakan untuk videotron outdoor adalah 2 x 4 m; 3 x 5 m; 4 x 8 m; dan 5 x 10 m.

Setelah itu, Anda wajib memiliki PC yang berfungsi sebagai media untuk mengontrol layar videotron.

Memilih Videotron Sesuai Kebutuhan

Mengetahui cara mengukur jarak LED display yang ideal akan sangat bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk membeli videotron.

Saat ini, memang banyak beredar videotron murah yang penawarannya sangat menggiurkan.

Di sisi lain, meskipun dibanderol dengan harga tinggi, videotron dengan spesifikasi mumpuni juga tak kalah menarik.

Namun, apakah kedua penawaran tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda? Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu melakukan survei.

Hal pertama yang penting untuk dijadikan bahan pertimbangan adalah dari segi material. Hampir semua produsen LED screen videotron menggunakan Epistar atau Silan Chip.

Agar tidak tertipu, Anda perlu jeli agar bisa mengetahui apakah videotron yang diincar memiliki material tersebut atau tidak.

Hal lain yang penting untuk diketahui adalah kualitas LED. Anda harus teliti dalam beberapa hal terkait kualitas LED ini, seperti brightness hingga berapa lama umur LED bisa bertahan.

Intinya, Anda perlu memikirkan kualitas videotron yang akan dibeli.

Baca Juga : 7 Tips Sebelum Membeli Videotron

Jangan mudah tergiur dengan harga LED display murah karena bisa jadi, kualitasnya tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Begitu pula sebaliknya. Jangan langsung tertarik dengan kualitas yang sangat mumpuni jika spesifikasi di bawahnya sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan.

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara mengukur jarak LED display dan tips memilih videotron sesuai kebutuhan.

Artikel lengkap di Wikipedia

Semoga informasi ini bisa menjadi pegangan Anda dalam menentukan pilihan.

Apabila anda mempunyai pertanyaan seputar Videotron atau Running Text silahkan klik tombol KONSULTASI di bawah.

Leave a Comment

Konsultasikan kebutuhan anda akan LED DISPLAY, RUNNING TEXT dan VIDEOTRON kepada kami, Klik tombol konsultasi di bawah. GRATIS