Jenis dan Fungsi Videotron, serta Perbedaan Videotron Indoor dan Outdoor

Penggunaan videotron atau yang diluar negeri di sebut LED Display ataupun LED Screen, terutama sebagai media iklan luar ruangan untuk tujuan komersial, kini makin meluas. Untuk itu, penting bagi para calon penggunanya untuk mengetahui jenis dan fungsi videotron agar bisa menentukan pilihan yang paling tepat. Setiap jenis videotron memiliki spesifikasi khusus yang membedakannya dari tipe lain.

Sekilas Tentang Videotron

jenis videotron outdoor
led display – led screen – videotron – murah

Videotron merupakan sarana penyampaian informasi berupa layar elektronik yang tersusun dari panel-panel LED.

Tayangan yang ditampilkan di dalamnya bisa dalam bentuk gambar diam, bisa juga gambar bergerak. 

Penggunaan videotron atau LED screen display identik dengan dunia advertising atau periklanan.

Salah satu alasan utamanya adalah karena jenis dan fungsi videotron dinilai memiliki banyak kelebihan dari segi komersial dibanding jenis media promosi lainnya. 

Harus diakui, cukup sulit menemukan harga videotron murah di pasaran karena videotron menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Meski pembuatannya membutuhkan modal besar, potensi pendapatannya pun menggiurkan, terlebih untuk investasi jangka panjang. 

Bagi perusahaan, beriklan melalui media videotron akan membuat suatu produk mendapatkan penilaian lebih baik dari masyarakat.

Konten atraktif yang ditayangkan di layar videotron yang mewah dan megah akan meningkatkan ketertarikan publik. 

Selain itu, layar LED ini juga memungkinkan jangkauan target pemasaran yang lebih luas, asalkan pengguna sudah mengetahui jenis dan fungsi videotron dengan baik.

Instalasi videotron pada umumnya dilakukan di area publik atau fasilitas umum sehingga lebih banyak orang yang akan melihatnya.  

Dalam praktiknya, videotron tak cuma dipakai oleh pegiat advertising. Praktisi multimedia pun sering kali memanfaatkannya untuk menayangkan konten sesuai kebutuhan.

Karena itulah, tulisan ini akan membahas beragam jenis dan fungsi videotron yang penting untuk diketahui. 

Jenis dan Fungsi Videotron

videotron surabaya
led display – led screen – videotron – murah

Sedikitnya terdapat empat kriteria untuk membedakan jenis dan fungsi videotron. Namun, secara keseluruhan, semua jenis videotron memiliki fungsi yang sama. Berikut fungsi-fungsi videotron menurut aplikasinya di masyarakat. 

1. Media Promosi

Salah satu definisi promosi adalah kegiatan memperkenalkan atau menyebarkan informasi dengan tujuan untuk menarik minat khalayak umum terhadap suatu produk bisnis. 

Aktivitas promosi terdiri dari tiga macam bentuk, yaitu berupa upaya, konsep, dan item.

Promosi berbentuk upaya erat kaitannya dengan dunia reklame, contohnya iklan poster, pamflet, baliho, dan sebagainya.  

Bentuk promosi konsep biasanya berupa promo diskon, kuis, atau gebyar hadiah.

Sementara itu, bentuk promosi item menggunakan barang-barang merchandise yang memuat identitas bisnis atau produk yang sedang dipasarkan.  

Jadi, bisa disimpulkan bahwa jenis dan fungsi videotron sebagai media promosi termasuk kategori promosi dalam bentuk upaya.

Layar elektronik biasnya berukuran cukup besar ini kerap dijadikan sebagai media penyampaian promosi berupa iklan dalam bentuk video.  

Contoh penggunaan videotron untuk kebutuhan promosi dapat Anda temukan dengan mudah di kota-kota besar.

Layar videotron besar biasanya dipasang di bahu jalan, menempel pada gedung tinggi, atau di jembatan penyeberangan sehingga terlihat dengan jelas oleh para pengguna jalan.

Konten videotron yang menarik dapat membuat masyarakat berminat untuk menggunakan produk yang ditawarkan. 

2. Media Informasi dan Komunikasi

Meski identik dengan keperluan komersial, videotron juga bisa berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi yang tidak berorientasi bisnis.

Aplikasinya sering ditemukan di berbagai instansi pemerintah maupun lembaga swasta, terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Di ranah transportasi, videotron dapat dimanfaatkan untuk menyajikan informasi trayek angkutan, baik di terminal, stasiun, atau bandara.

Kantor dinas pemerintah juga bisa menampilkan tata cara mengurus dokumen melalui layar LED di lokasi pelayanan. 

Videotron tak hanya digunakan untuk kebutuhan pelayanan eksternal, tetapi juga bisa dipakai di lingkungan internal.

Penggunaan LED screen display dapat menggantikan peran proyektor yang selama ini dipakai untuk memaparkan data dalam rapat koordinasi. 

3. Media Kreatif

Videotron menjadi wahana baru bagi orang-orang kreatif, seperti para pegiat dunia hiburan dan arsitektur.

Jika sering menonton televisi atau pertunjukan seni modern, Anda akan melihat contoh aplikasi videotron di dunia hiburan. 

Program televisi kerap memakai layar LED untuk menyajikan informasi dan media interaktif.

Videotron juga menjadikan suasana pertunjukan seni lebih megah, seperti ketika dipakai sebagai latar belakang di panggung konser musik. 

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pembuatan Videotron

Selain itu, para praktisi arsitektur interior mancanegara juga mulai memanfaatkan videotron untuk meningkatkan estetika bangunan.

Dinding mal atau mozaik screen, pintu gerbang, dekorasi pesta, dan lain sebagainya menjadi lebih indah dan menarik.  

Kemungkinan besar, jenis dan fungsi videotron masih akan terus berkembang dalam beberapa waktu mendatang.

Sambil menanti bentuk kreativitas terbaru dari penggunaan videotron, sebaiknya Anda menyimak jenis-jenisnya terlebih dahulu.  

Jenis Videotron Berdasarkan Tipe LED

Berdasarkan tipe LED yang digunakan, jenis dan fungsi videotron terbagi menjadi dua, yaitu SMD dan DIP.

Keduanya merupakan tipe LED khusus yang dipakai dalam pembuatan layar display dan SMD adalah hasil pengembangan yang paling aktual. 

Secara umum, cukup mudah untuk membedakan jenis dan fungsi videotron berdasarakan penggunaan jenis LED-nya.

Jenis SMD biasanya dipakai untuk videotron dalam ruangan, sedang DIP untuk layar outdoor. Namun, seiring perkembangan teknologi, perbedaan itu tampaknya tidak berlaku lagi. 

1. Tipe SMD 

Surface mounted device (SMD) biasa disebut pula dengan nama SMT (surface mounted technology).

Ini berarti bahwa lampu LED terpasang pada papan modul dengan penghubung berupa chip, yang membuat ukuran LED diperkecil, tetapi fungsinya justru menjadi lebih maksimal.

Sebuah chip dapat memuat tiga lampu LED mini, sementara jarak antar chip juga bisa diperpendek hingga celahnya nyaris tidak terlihat.

Oleh karena itu, SMD memiliki keunggulan dalam segi kerapatan piksel yang membuatnya mampu menghasilkan cahaya lebih halus dan warna yang lebih kaya.

Tak hanya itu, resolusi gambar yang ditampilkan pun menjadi lebih tajam serta memiliki sudut pandang lebih luas. 

1. Tipe DIP 

Jenis dan fungsi videotron selanjutnya adalah yang menggunakan LED tipe DIP (dual in-line package). Artinya, dioda LED yang terpisah dipasang menyatu pada modul PCB.

Ada tiga buah lampu LED (merah, hijau, biru) yang memiliki dua pin, yaitu positif dan negatif, untuk dipasang pada modul.

Karena ukurannya lebih besar, LED DIP memang memiliki kerapatan piksel rendah, sedikitnya di atas 7 mm.

Namun, keberadaan tiga buah lampu membuatnya mampu menghasilkan kecerahan yang baik, meski terpapar cahaya eksternal. 

Selain itu, DIP juga mempunyai keunggulan dalam hal daya tahan dan penyerapan energi.

Karena relatif tahan air, berumur lebih panjang, serta hemat dalam pemakaian listrik, tak mengherankan jika jenis ini banyak dipakai untuk layar videotron outdoor ukuran besar.

Artikel yang membahas perbedaan LED DIP dengan LED SMD lebih Detail disni

Jenis Videotron Menurut Pixel Pitch

pixel screen
led-display-led-screen-videotron-murah

Pixel pitch atau kerapatan piksel merupakan standar ukuran yang dipakai pada layar LED videotron.

Ditandai dengan huruf P dan diikuti angka yang menunjukkan jarak antar lampu pada modul, berikut  tiga jenis dan fungsi videotron berdasarkan pixel pitch-nya. 


1. Piksel Narrow

Narrow dalam bahasa Indonesia berarti sempit. Jenis videotron yang memiliki tingkat kerapatan sempit biasanya dimulai dari ukuran P0.9 sampai P2.5.

Jadi, videotron indoor P1 dan videotron indoor P2 termasuk kategori piksel narrow

2. Piksel Kecil

Videotron piksel kecil memiliki ukuran di atas P2.5 hingga P5 dan pada umumnya digunakan di dalam ruangan.

Contohnya adalah videotron indoor P3, videotron indoor P4, dan videotron indoor P5, yang masing-masing dapat menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi.  

3. Piksel Besar

Layar yang termasuk kategori piksel besar contohnya adalah videotron outdoor P6, videotron outdoor P8, dan videotron outdoor P10.

Panduan ukurannya mulai dari P6 sampai P32. 

Videotron narrow dan piksel kecil biasanya menggunakan LED SMD, selebihnya masih memakai tipe DIP.

Khusus untuk layar P5, videotron bisa menggunakan DIP atau SMD, tergantung aplikasinya apakah untuk videotron outdoor P5 atau indoor

Jenis Videotron Menurut Metode Instalasinya

Jenis videotron indoor
led-display-led-screen-videotron-murah

Sedikitnya ada sebelas metode instalasi videotron yang sejauh ini berhasil diterapkan.

Namun, metode-metode tersebut dapat dikelompokkan secara sederhana menjadi dua jenis dan fungsi videotron, yaitu fixed dan rental

1. Fixed Videotron

Fixed berarti pemasangan videotron dilakukan di satu titik tertentu untuk kebutuhan jangka panjang atau instalasi permanen.

Ukuran layar ditetapkan sejak awal dan akan digunakan terus-menerus, kecuali mengalami kerusakan parah sehingga perlu diganti. 

Instalasi permanen membutuhkan struktur rangka dan penopang yang jauh lebih kuat sehingga biaya pembuatannya juga tinggi. Namun, bisaya operasionalnya cukup ekonomis karena hanya perangkat elektroniknya saja yang membutuhkan perawatan intens.

2. Rental Videotron

Kebalikan dari fixed, instalasi rental digunakan untuk jangka pendek sehingga struktur rangka dan penopang dibuat agar memudahkan pemindahan atau bongkar pasang.

Instalasi ini biasa memakai layar yang ukurannya memakai angka desimal. 

Jenis Videotron Berdasarkan Penempatannya

videotron indoor

Perbedaan videotron indoor dan outdoor yang utama tentu saja adalah area penempatannya. Indoor berarti di dalam ruangan, sedangkan outdoor di luar ruangan.

Perbedaan lokasi penempatan tersebut juga membuat kedua jenis videotron tersebut memiliki beberapa perbedaan lain sebagaimana diuraikan berikut ini.

  • Videotron outdoor dapat menggunakan SMD maupun DIP, tergantung luas ukuran panel dan tingkat cahaya eksternal, sedangkan indoor yang hanya bisa memakai SMD. 
  • Paparan cahaya eksternal dapat mengalahkan nyala LED.  Oleh karena itu, videotron outdoor memunyai tingkat kecerahan gambar yang lebih tinggi daripada indoor
  • Ukuran videotron indoor biasanyan lebih kecil karena hanya membutuhkan jarak pandang dekat, tak seperti videotron luar ruang yang harus bisa dilihat dari jarak jauh.
  • Jarak pandang dekat membutuhkan layar yang memiliki resolusi tajam agar bisa menampilkan detail gambar yang lebih baik.

Itulah sebabnya, videotron indoor menggunakan SMD piksel narrow atau kecil, bukan piksel besar seperti tipe outdoor

  • Layar LED di area terbuka lebih hemat energi dibandingkan indoor.

Tingkat kecerahannya memang tinggi, tetapi jumlah lampu yang membutuhkan aliran daya tergolong sedikit karena layar LED-nya memiliki pixel pitch rendah. 

  • Bobot videotron dalam ruangan cenderung lebih ringan karena panelnya kebanyakan berbahan aluminium, sedangkan panel videotron outdoor terbuat dari logam. 
  • Tak seperti dalam ruangan, videotron yang dipasang di area terbuka berisiko tinggi terkena hujan dan cipratan cairan sehingga perlu dibekali dengan fitur antiair. 

Itulah jenis dan fungsi videotron berikut penjelasan mengenai perbedaannya. Jika anda ada pertanyaan mengenai videotron silahkan klik konsultasi di bawah GRATIS

1 thought on “Jenis dan Fungsi Videotron, serta Perbedaan Videotron Indoor dan Outdoor”

Leave a Comment

Konsultasikan kebutuhan anda akan LED DISPLAY, RUNNING TEXT dan VIDEOTRON kepada kami, Klik tombol konsultasi di bawah. GRATIS